Friday, October 16, 2009

Mengetahui Dampak Air Limbah Detergen terhadap Organisme Air

Mengetahui Dampak Air Limbah Detergen terhadap Organisme Air

Tujuan

Mengetahui dan menganalisi dampak air yang tercemar detergen terhadap organisme yang hidup di air, dalam hal ini ikan mas (cyprinus carpio)
Materi Essensial
Polusi atau pencemaran adalah keadaan dimana suatu lingkungan sudah tidak alami lagi karena telah tercemar oleh polutan. Misalnya air sungai yang tidak tercemar airnya masih murni dan alami, tidak ada zat-zat kimia yang berbahaya, sedangkan air sungai yang telah tercemar oleh detergen misalnya, mengandung zat kimia yang berbahaya, baik bagi organisme yang hidup di sungai tersebut maupun bagi makhluk hidup lain yang tinggal di sekitar sungai tersebut.
Polutan adalah zat atau substansi yang mencemari lingkungan. Air limbah detergen termasuk polutan karena didalamnya terdapat zat yang disebut ABS. Jenis deterjen yang banyak digunakan di rumah tangga sebagai bahan pencuci pakaian adalah deterjen anti noda. Deterjen jenis ini mengandung ABS (alkyl benzene sulphonate) yang merupakan deterjen tergolong keras. Deterjen tersebut sukar dirusak oleh mikroorganisme (nonbiodegradable) sehingga dapat menimbulkan pencemaran lingkungan (Rubiatadji, 1993). Lingkungan perairan yang tercemar limbah deterjen kategori keras ini dalamkonsentrasi tinggi akan mengancam dan membahayakan kehidupan biota airdan manusia yang mengkonsumsi biota tersebut.
Ikan mas (cyprinus carpio) adalah organisme air yang responsif atau peka terhadap perubahan yang terjadi pada lingkungannya. Insang adalah alat yang digunakannya untuk bernafas. Pada insang terjadi pertukaran O2 dan CO2. Mekanismenya adalah tutup insang menutup, mulut terbuka, air masuk melalui mulut, lalu air melewati insang, terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida, lalu mulut menutup, tutup insang (operculum) terbuka, dan akhirnya air keluar dari insang. Oksigen masuk ke aliran darahnya
Difusi adalah perpindahan zat dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah.
Mekanisme pernafasan ikan melalui insang
insang

Alat dan Bahan
-       5 buah Aqua gelas bekas
-       Larutan detergen 0,1% (100cc air murni + 0,1 gram detergen)
-       Larutan detergen 0,5% (100cc air murni + 0,5 gram detergen)
-       Larutan detergen 1% (100cc air murni + 1 gram detergen)
-       Larutan detergen 1,5% (100cc air murni + 1,5 gram detergen)
-       5 ekor ikan mas kecil (cyprinus carpio)
-       3,1 gram detergen perkelompok
-       Stopwatch
Cara Kerja
-       Buat larutan detergen dengan konsentrasi 0,1% , 0,5% , 1% , dan 1,5%
-       Beri label pada masing-masing aqua gelas
-       Tuangkan larutan detergen ke masing-masing aqua gelas sesuai dengan labelnya
-       Masukkan ikan secara bersamaan ke dalam aqua gelas lalu mulai penghitungan waktu
-       Amati ikan pada setiap menit lalu catat. Lakukan selama 5 menit. Apakah ikan aktif, lemas, mengambang, mengeluarkan lendir, atau keluarkah insangnya? Atau langsung mati?
Hasil Pengamatan
plh ikan
Pembahasan
Ikan mas yang berada di air murni terus bergerak aktif dan tidak mengalami gangguan apapun terhadap insangnya karena lingkungannya normal, tidak tercemar. Sedangkan empat ikan lainnya berenang di air yang telah tercemari detergen, mulai dari 0,1% sampai 1,5%, sehingga mereka mengalami gangguan pada organnya, terutama insang. Insangnya sampai membengkak dan mengeluarkan lendir. Ikan-ikan itu pun akhirnya mengambang dan mati.
Mengapa insang ikan-ikan dalam larutan detergen itu membengkak, keluar, lalu mengeluarkan lendir? Jawabannya adalah difusi. Difusi adalah perpindahan zat dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah. Konsentrasi larutan detergen lebih tinggi dari sitoplasma sehingga partikel detergen berdifusi dari larutan ke sel-sel pada insang ikan. Larutan detergen terus-menerus berdifusi ke sel-sel insang dan insang pun akhirnya membengkak. Lama kelamaan sel-sel insang mengalami plasmolisis (pecahnya sel) karena partikel detergen terus berdifusi. Karena selnya pecah, sitoplasma pun keluar, sehingga insang ikan terlihat mengeluarkan lendir. Setelah sel-sel insangnya pecah, tentu saja ikan kehilangan organ untuk bernapas sehingga akhirnya ikan-ikan pada larutan detergen lemas dan kemudian mati satu per satu.
Cepat lambatnya insang ikan tersebut membengkak lalu mati dipengaruhi oleh konsentrasi detergen pada air. Semakin tinggi konsentrasi detergen pada air, semakin cepat ikan itu akan mati.
Kesimpulan
Air yang tercemari detergen dapat mengancam kehidupan organisme yang hidup di dalamnya, salah satunya adalah ikan. Selain ikan masih banyak organisme lain, seperti fitoplankton, zooplankton/protozoa, cyanobacteria, dan lain-lain. Jika organisme-organisme seperti fitoplankton mati, maka zooplankton akan mati karena tidak ada makanan, ikan-ikan pun akan mati karena zooplankton yang biasa dimakan tidak ada. Dengan kata lain detergen dan polutan lainnya yang mencemari air dapat memusnahkan seluruh organisme yang hidup di dalamnya.
Besar tidaknya pengaruh detergen dan polutan lainnya pada ikan dan makhluk hidup lain tergantung pada konsentrasi polutan tersebut. Semakin tinggi konsentrasi polutan, semakin besar pengaruhnya.
Saran
Gunakanlah detergen sebijaksana mungkin, jangan buang air cucian ke perairan yang banyak organisme yang hidup di dalamnya. Gunakanlah ilmu pengetahuan kita untuk menciptakan solusi masalah ini, misalnya detergen yang ramah lingkungan. Dan yang paling penting, mari kita memohon ampun pada Allah Swt., karena selama ini kita telah meracuni alam-Nya, alam sekitar kita.
Sumber Materi Essensial
-               Modul PLH berupa fotokopi dari Bu Timi
-               Microsoft Encarta 2004 Reference Library
-               Karmana, Oman. 2007. Cerdas Belajar Biologi Kelas XI. Grafindo: Bandung.

11 comments:

  1. thanks atas postingnya.. sy jd bisa mengerjakan pr di skolah :)

    ReplyDelete
  2. mkchi bozzz...
    dah bantu tugas aq....

    ReplyDelete
  3. :3 tks krn dh ngebantu bgt ngerjain tugas makalah

    ReplyDelete
  4. kandungan kimia apa aja dari detergen yang tidak ramah lingkungan...dan bagaimana efeknya ???

    ReplyDelete
  5. cukup membantu!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  6. Thx...bwt infox..berguna bgt :D

    ReplyDelete
  7. bisa ngerjain PR nih. makasih yaa :D kamsahamnidaa~~ ^^

    ReplyDelete
  8. thanks, sangat membantu laporan PLH saya =))

    ReplyDelete
  9. terima kasih bisa jadi refernsi bagi saya :)

    ReplyDelete